semi final italia vs spanyol euro 2020 2021
source image : tribunnews

EURO 2020: Italia atau Spanyol? Tim Manakah yang Akan Menginjakkan Kakinya di Final?

Semifinal EURO 2020 akan mempertemukan tim sepakbola Italia melawan tim sepakbola Spanyol hari rabu dinihari pukul 02.00 WIB. Pertandingan yang akan diselenggarakan di Stadion Wembley ini diprediksikan akan berjalan sengit karena kedua tim sama-sama memiliki motivasi yang kuat untuk mengangkat trofi di turnamen empat tahunan ini.

Italia bermain dengan sangat apik selama turnamen ini dan mengantongi rekor tak terkalahkan selama 32 pertandingan berturut-turut. Tim besutan Roberto Mancini ini sejak putaran final EURO 2020 dimulai, sudah digadang-gadang oleh para pengamat sepakbola sebagai calon juara turnamen ini.

Sementara Spanyol ingin mengembalikan kejayaan generasi emas timnas mereka yang menjadi juara dua kali berturut-turut yaitu EURO 2008 dan EURO 2012. Catatan Spanyol juga cukup impresif di mana tim mereka tak terkalahkan selama 13 pertandingan dan baru kalah sekali pada 29 pertandingan terakhir.

Menurut data dari UEFA, timnas Italia dan timnas Spanyol sudah 37 kali bertemu dengan statistik yang berimbang yaitu Italia menang 11 kali, Spanyol menang 11 kali, dan sisa 15 pertandingan mencatatkan hasil imbang.

Rivalitas kedua tim telah berjalan selama puluhan tahun. Salah satu pertandingan yang mungkin tak bisa dilupakan oleh pelatih timnas Spanyol saat ini, Luis Enrique, adalah pada gelaran Piala Dunia 1994 di mana hidung pelatih berusia 51 tahun ini patah saat sikut dari pemain Italia, Mauro Tassoti, mendarat di wajahnya.

Pada perempat final EURO 2008, timnas Spanyol berhasil mengalahkan timnas Italia melalui drama adu penalti. Empat tahun berselang, tepatnya pada EURO 2012, Spanyol dan Italia dipertemukan di babak final. Pada pertandingan yang dimainkan di Kiev itu, generasi emas Spanyol tampil trengginas dengan melibas timnas Italia empat gol tanpa balas. Italia membalas dendam pada EURO 2016, di mana mereka menggugurkan timnas Spanyol pada babak perdelapan final dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan nanti malam, Italia sedikit lebih diunggulkan karena pada pertandingan sebelumnya mereka menekuk salah satu tim kandidat juara yaitu Belgia dengan skor 2-1. Italia tampil dengan pertahanan yang sangat rapi, dengan dikomandoi oleh Giorgio Chiellini, membuat striker andalan Belgia, Romelu Lukaku, tidak bisa berkutik. Sedangkan Spanyol tampil kurang meyakinkan, karena hampir dikalahkan oleh tim nasional Swiss lewat drama adu penalti.

Dengan berbagai data pertandingan di atas, menarik untuk dilihat apakah timnas Italia dapat memenuhi ekspektasi ataukah permainan cepat Spanyol akan memberi kejutan? Mari kita saksikan bersama pertandingan seminal EURO 2020 antara Italia vs Spanyol nanti pukul 02.00

Prakiraan Formasi Timnas Italia

formasi italia mewalan spanyol semi final euro 2021

4-3-3

Prakiraan Formasi Timnas Spanyol

formasi spanyol melawan italia semi final euro 2021

4-3-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *